oleh

Pasien Positif Covid-19 Bertambah, Dua Orang merupakan Karyawan BUMN

Tulungagung, (afederasi.com) – Tim gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Tulungagung kembali merilis tiga nama pasien baru terkonfirmasi positif coronavirus disease (Covid-19) pada Sabtu (5/9/2020).

Adapun tiga pasien tersebut yaitu NAL (29) warga Kecamatan Karangrejo, ALF (24) dan AR (31) warga Kecamatan Tulungagung. Dari tiga nama tersebut, dua diantaranya merupakan pegawai BUMN di Kabupaten Tulungagung.

Dengan bertambahnya tiga nama pasien baru terkonfirmasi Covid-19, maka hingga 5 September, jumlah kumulatif kasus Covid-19 mencapai 301 kasus, dengan angka kesembuhan mencapai 277 kasus, dan kasus meninggal sebanyak tiga orang.

“Hari ini penambahan kasus baru sebanyak tiga orang, sehingga total kumulatif kasus mencapai 301 kasus. Ketiga kasus ini dari Kecamatan Tulungagung dan Karangrejo,” ungkap Wakil juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro, Minggu (6/9/2020).

Galih memaparkan, untuk kasus pertama yang terkonfirmasi positif adalah pasien berinisial ALF dari Kecamatan Tulungagung. Pasien berusia 24 tahun ini merupakan seorang karyawan di sebuah instansi BUMN di Kabupaten Tulungagung.

Baca Juga  Terbaru, Bertambah 3 Pasien Positif Covid-19 Dalam Kondisi Sehat

Untuk mengetahui zero point penularan, petugas dari tim reaksi cepat (TRC) bidang kesehatan Dinas Kesehatan setempat melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) terhadap 20 orang yang kontak erat dengan ALF. Hasilnya dari 18 spesimen yang sudah keluar, tiga dinyatakan positif Covid-19. Sementara dua spesimen masih menunggu hasil.

“Tiga yang hasilnya terkonfirmasi positif ini, diantaranya dua orang warga Tulungagung, dan satu lagi luar Tulungagung,” paparnya.

Lebih lanjut Galih menjelaskan untuk pasien kedua yang terkonfirmasi positif adalah AR. Dimana AR ini merupakan pelaku perjalanan yang berprofesi sebagai seorang sopir di instansi yang sama dengan ALF.

Karena AR sering melakukan perjalan ke luar dan dalam kota, maka ia tergolong orang dengan resiko tinggi. “Pasien AR masih ada kaitan dengan ALF karena bekerja di instansi yang sama,” imbuhnya.

Sedangkan kasus terakhir yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah NAL. Pasien berusia 29 tahun ini merupakan cucu dari pasien berinisial TP, yang terkonfirmasi pada 2 September lalu.

“Saat itu petugas melakukan swab terhadap 5 orang yang kontak dengan TP, satu di antaranya positif ya bernama NAL ini,” katanya.

Baca Juga  Hasil Tracing Dilaporkan Belasan Orang Positif Rapid Test, Usai Ikuti Tahlilan di Rumah Pasien Positif Covid-19

Galih kembali mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Melihat, hingga kini masih ada pertambahan kasus positif Covid-19. Diharapkan dengan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan dapat menekan angka penularan. (dn)

News Feed