oleh

Melawan Covid-19 dengan Opeka, Ini Sasarannya

Surabaya (afederasi.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya menekan penyebaran Covid-19. Terbaru, tiga pilar setempat menggelar Operasi Protokol Kesehatan (Opeka) selama tiga hari pada 7-9 September 2020.

Sasarannya, titik-titik yang menjadi pusat kerumunan massa seperti warung kopi (warkop), kafe, restoran, taman kota, jalan, pasar, perkantoran dan fasilitas-fasilitas umum lainnya.

Kasatpol PP dan Linmas Pemkot Surabaya Eddy Christijanto mengatakan, penerapan Opeka terbagi menjadi tiga gelombang. Shift pertama dimulai pukul 10.00 WIB-13.00 WIB, shift kedua pukul 15.00 WIB-17.00 WIB, dan shift ketiga pukul 19.00 WIB-21.00 WIB.

“Petugas yang dilibatkan tak hanya berasal dari jajaran internal Pemkot Surabaya saja, namun menggandeng pihak TNI, Polisi, Kecamatan, dan Kelurahan,” katanya.

Eddy melanjutkan, jadi Opeka ini adalah operasi yang dilakukan serentak. Termasuk pihak kecamatan dan kelurahan juga menggelar operasi di wilayah mereka masing-masing.

“Opeka ini sendiri lebih mengacu pada operasi patuh masker (OPM) yang diterapkan kepada warga yang beraktivitas di luar rumah. Selain itu juga ada operasi physical distancing (OPEDE) di tempat-tempat umum,” imbuhnya.

Baca Juga  LSM LIRA Geruduk Kantor BBWS Wiyung

Eddy menambahkan, adapun evaluasi Opeka dalam tiga hari ini menunjukkan bahwa hampir semua warga Surabaya sudah patuh menggunakan masker. Meskipun terkadang mereka masih melepasnya ketika berada di warkop.

“Secara keseluruhan mereka sudah patuh menggunakan masker, namun ledang tetap kita lalukan,” kata Eddy.

Kendati demikian lanjut Eddy, bagi warga yang masih kedapatan melanggar aturan sesuai Perwali, salah satunya yaitu tidak menggunakan masker harus bersiap menerima sanksi berupa penyitaan KTP selama 14 hari, hukuman sosial, dan bahkan akan langsung dibawa ke Mako Satpol PP Surabaya.

“Mari kita patuh menggunakan masker dan selalu menjaga protokol kesehatan. Kita harus hadapi pandemi ini bersama-sama, jangan kendor ayo kita lawan,” tutup Eddy. (dwd/yp)

News Feed