oleh

Mau Dapat Hadiah, Jangan Hindari Razia Kendaraan

Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia memberikan sebatang coklat kepada pengendara motor yang tertib dalam berkendara

Tulungagung, (Afederasi.com) – Operasi Zebra Semeru 2019 yang sudah berjalan selama sepekan, rupanya membawa kisah tersendiri bagi pengendara yang pernah diperiksa. Pasalnya, mereka hanya akan dihadapkan dengan dua hal. Selain ditilang, para pengendara juga berpeluang mendapatkan hadiah.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, apabila menmui razia kendaraan janganlah menghindar,” kata Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia saat meninjau pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 pada Rabu (30/10/2019) pagi di Jalan Kapten Kasihin atau tepatnya di sebelah barat SMPN 1 Kedungwaru.

Pandia menjelaskan, razia kendaraan bukanlah tempat polisi untuk mencari-cari kesalahan. Melainkan sebagai salah satu sarana sosialisasi dan pembinaan bagi pengendara kendaraan bermotor. Menurutnya, apabila seorang pengendara tidak memiliki kelengkapan administratif atau kendaraannya tidak sesuai spesifikasinya maka mereka akan diberi pemahaman.

“Ditilang ia, tapi mindsetnya harus dirubah. Itu bukanlah hukuman tetapi sebagai bentuk pembinaan,” katanya.

Pandia melanjutkan, pihaknya juga menyampaikan apabila seorang pengendara yang memiliki syarat administratif seperti SIM atau STNK namun saat dirazia ia tidak bisa menunjukkan karena tertinggal, maka si pengendara tidak akan ditilang. Namun mereka masih diberi waktu untuk segera menunjukkannya SIM/STNK tersebut kepada petugas.

Baca Juga  Razia Balap Liar, Polisi Tahan 15 Motor Berknalpot Brong

“Kita masih bisa memberikan toleransilah untuk hal ini,” imbuhnya.

Masih menurut Pandia, dalam Operasi Zebra Semeru 2019 kali ini tidak hanya para pelanggar lalulintas saja yang ditindaklanjuti. Namun juga bagi pengendara yang tertib berlalu lintas. Menurutnya, mereka juga berkesempatan akan mendapatkan hadiah baik secara langsung maupun yang diundi.

“Ini sebagai bentuk apresiasi kami bagi pengendara yang tertib berlalu lintas,” imbuhnya.

Adapun hadiah yang diberikan secara langsung lanjut Pandia, bagi pengendara yang tertib berlalu lintas akan diberikan sebatang cokelat. Sedangkan bagi pengendara yang helmnya sudah kurang memenuhi syarat, akan diganti secara langsung.

“Tadi ada yang memakai helm SNI, tapi kaca dan catnya sudah buram lalu kami ganti dengan yang baru,” terangnya.

Selain itu lanjut pandia, bagi yang tertib berlalu lintas juga akan mendapat satu kupon undian. Dimana, kupon tersebut akan diundi setelah pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 usai.

Sementara itu, berdasarkan data dari Satlantas Polres Tulungagung, hingga hari keenam petugas sudah menindak 1712 pengendara. Rinciannya,  1513 pengendara ditilang dan 19 pengendara mendapat teguran.

Baca Juga  Dua hari, Ratusan Pelanggar Terazia Operasi Zebra

Sedangkan jenis pelanggaran yang mendominasi yakni 491 pengendara dibawah umur, 275 pengendara tidak berhelm SNI, dan 231 pengendara tanpa memiliki surat-surat. (ra/an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed