oleh

Logo Banteng ‘PDIP’ Muncul Diprogram GURU-ku, Ini Penjelasan Dispendik

Surabaya (afederasi.com) – Munculnya lambang banteng milik PDI Perjuangan diprogram belajar GURU-ku yang disiarkan oleh stasiun televisi lokal SBO TV, menjadi perhatian publik Surabaya.

Pasalnya, logo lambang banteng PDI Perjuangan itu muncul ketika seorang guru sedang menerangkan materi pembelajaran tentang pancasila, yakni sila keempat dengan gambar kepala banteng.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Supomo mengatakan, setiap guru yang akan melakukan siaran materi pembelajaran, terlebih dahulu akan mendapatkan pembekalan dan kemudian dilakukan langkah evaluasi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam tayangan.

“Pembekalan kepada semua guru yang tampil (program GURU-ku, red) melalui materi yang disampaikan dalam buku tema (pembelajaran). Kita tidak keluar dari konten,” ungkap Supomo saat dikonfirmasi, Rabu (9/9/2020).

Supomo juga menyatakan bahwa guru yang membawakan materi dalam acara tersebut telah meminta maaf dan memastikan tak ada unsur apapun dari munculnya lambang banteng tersebut.

“Waktu mengajar dia kurang konsentrasi, penampilan gambar (banteng) itu murni kesalahan, human error. Dia sudah minta maaf dan tidak ada kaitan dengan unsur apapun,” ujarnya.

Baca Juga  Sinergi dengan Pemerintah, Pers Tumbuh Pesat di NTB

Menurutnya, guru yang menjadi pembawa acara program tersebut merupakan guru pengganti. Sehingga ada keterbatasan waktu ketika harus menyetorkan materi kepada pihak stasiun televisi.

“Guru pengganti, waktu dia sempit dan harus menyampaikan materi,” kata Supomo.

Ia juga memastikan setiap materi yang tayang dalam program acara GURU-ku telah melalui tahap seleksi yang ketat. Namun, dirinya juga menyadari hal tersebut seperti juga masih tidak menutup kemungkinan munculnya sebuah kesalahan, meskipun saat siaran telah berlangsung.

“Cuma tinggal improvisasi dari masing-masing guru yang kemungkinan bisa terjadi keselahan,” pungkas Supomo. (dwd/yp)

News Feed