oleh

Lima Napi Korupsi Tak Dapat Remisi Kemerdekaan

Tulungagung, (afederasi.com) – Sebanyak lima narapidana (napi) kasus korupsi yang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas IIb Tulungagung tidak mendapat remisi pada HUT RI ke-75 tahun ini. Pasalnya, kelimanya belum memenuhi syarat sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 99 tahun 2012.

Kalapas klas IIb Tulungagung Tunggul Buwono melalui Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Kasi Binadik dan Giatja) Imam Fahmi menjelaskan, adapun persyaratan yang belum terpenuhi sesuai PP nomor 99 tahun 2012 yakni ada beberapa napi yang belum menjadi Justice Collabolator (JC), membayar denda, hingga membayar uang pengganti sesuai dengan keputusan pengadilan.

“Ada satu napi yang sudah membayar denda, namun syarat lainnya juga belum terpenuhi,” katanya.

Fahmi menjelaskan, dari 422 napi yang ada, pihaknya mengusulkan 397 napi untuk mendapat remisi. Namun hingga saat ini masih 239 napi yang SK nya turun. Sedangkan sisanya menunggu turunnya SK, diperkirakan satu atau dua minggu ke depan.

“Kami yakin sisanya ini remisinya akan turun, karena syarat-syaratnya terpenuhi. Memang pengajuannya dulu sempat mundur,” jelasnya.

Baca Juga  Satgas Covid-19 Lakukan Uji Rapid Tes, Pengunjung Pasar dan Pertokoan

Fahmi mengungkapkan, adapun salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh napi untuk diusulkan mendapat remisi yakni mereka setidaknya sudah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan dan tentu berperilaku baik selama berada di dalam lapas.

“Khusus napi narkotika, vonis diatas 5 tahun, ketentuang sebagaimana dalam PP 99 yang tidak memiliki JC haruslah menjalani 2/3 masa tahanan sebelum diusulkan,” jelasnya.

Fahmi menambahkan, sebenarnya pada HUT RI ke-75 ini ada 16 napi yang semestinya mendapat remisi bebas. Namun karena mereka semua sudah menjalani program asimilasi, akhirnya mereka tinggal mengambil surat pembebasan saja.

“Sementara belum ada yang mengambil, namun informasi ini sudah kami sampaikan,” pungkasnya. (yp)

News Feed