oleh

KPU Tetapkan Jumlah DPT 581.880 Jiwa

Trenggalek, (afederasi.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek menggelar rapat pleno terbuka rekaptulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Rabu (14/10/2020).

Ketua KPU Kabupaten Trenggalek Gembong Derita Hadi mengatakan, agenda ini rapat pleno rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek yang akan diselenggarakan serentak pada 09 Desember 2020 mendatang.

Adapun dari data DPSHP jumlah total pemilih di kota Kripik Tempe, dari 157 desa/kelurahan dan 1550 tempat pemungutan suara (TPS) telah ditetapkan 581.880 pemilih

“Jumlah ini terdiri dari jumlah pemilih perempuan sebanyak 291.440 dan pemilih laki-laki ada 290.440,” ungkapnya usai rapat pleno di Hotel Jaas Permai Trenggalek.

Disampaikan Gembong, jumlah data tersebut sudah di tetapkan. Kendati demikian, kalau ada DPT yang meninggal atau pindah domisili maka C-6 (pemberitahuan untuk memilih) akan ditarik. Karena yang bersangkutan telah meninggal atau pindah domisili.

Kemudian lanjutnya, tatkala ada pemilih pindahan dari luar Kabupaten Trenggalek yang memiliki hak pilih, maka mereka bisa memilih di TPS sesuai E-KTPnya.

Baca Juga  Rawan Korupsi, DPRD Nganjuk Soroti Penggunaan Anggaran Penanganan Covid-19

“Pemilih pindahan dari luar kabupaten tetap bisa memilih dan syaratnya harus menyertakan E-KTP Trenggalek. Namun memilihnya di atas jam 12.00 Wib karena tidak memiliki jatah,” terangnya.

Ditambahkan Gembong, terkait hak pilih bagi warga binaan khusus yang ber KTP Trenggalek akan di masukan DPT di dekat Rutan dan memilih di TPS reguler. Sedangkan DPT di daerah asalnya akan dicoret.

“Cara memilihnya nanti akan diberi kesempatan jam 12.00 Wib ke atas. Dan prosesnya nanti petugas yang akan masuk ke Rutan. Karena warga binaan tidak bisa keluar, makanya petugas yang akan masuk,” pungkasnya. (pb/am)

News Feed