oleh

Konsleting, Satu Rumah di Sambitan Terbakar

Tulungagung, (afederasi.com) – Sebuah rumah di Desa Sambitan Kecamatan Pakel dilalap si jago merah pada Rabu (16/9/2020) sekitar pukul 10.30 WIB. Diduga, api berasal dari konsleting rumah yang kemudian memercikkan api dan menyambar seisi rumah yang mayoritas terbuat dari kayu.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun pemilik rumah yang bernama Suyadi (74) mengalami kerugian material mencapai Rp 10 juta.

Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia melalui Paur Humas Iptu Neni Sasongko mengatakan, kejadian tersebut diketahui oleh tetangga korban yakni Kayan (52). Ketika itu, ia mendengar teriakan jika ada kebakaran.

“Mendengar teriakan tersebut, saksi ini langsung menuju ke TKP (rumah Suyadi-red) bersama tetangga yang lain,” katanya.

Selanjutnya, mereka bahu-membahu berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Bahkan, ada warga yang mengambil disel pompa air sehingga api dapat dipadamkan.

“Akhirnya api berhasil dipadamkan warga,” katanya.

Neni melanjutkan, beberapa bagian rumah dan perabotan korban juga banyak yang terbakar. Mengingat, mayoritas bangunan terbuat dari bahan yang mudah terbakar.

Baca Juga  Waspada Penyebaran Covid-19 di Ruang Publik

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kerugian hanya materi saja,” terangnya.

Berdasarkan hasil olah TKP dan keterangan sejumlah saksi, diduga api berasal dari konsleting listri pada instalasi listrik yang menggunakan kabel berukuran kecil. Saat memercikkan api, kemudian api dengan cepat menjalar ke hampir isi rumah.

Neni menambahkan, dalam kesempatan tersebut pihaknya mengapresiasi upaya warga yang telah membantu memadamkan api. Selain itu, ia juga menghimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati saat meninggalkan rumah.

“Jauhkan dan amankan benda-benda yang berpotensi menimbulkan kebakaran,” pungkasnya. (yp)

News Feed