oleh

Jumlah Pasien sembuh Covid-19 bertambah Empat Orang, Satu Pasien Harus jalani Swab 9 Kali

Tulungagung, (afederasi.com) – Satuan gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tulungagung kembali merilis jumlah pasien sembuh dari Covid-19 bertambah empat orang, sehingga jumlah kumulatif pasien sembuh sebanyak 44 orang hingga Kamis (11/6/2020).

“Ya harini kami menerima laporan, ada tambahan pasien sembuh empat orang,” ungkap Wakil juru bicara satuan GTPP percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tulugagung, Galih Nusantoro.

Adapun data pasien yang sembuh diantaranya Sri Handayani warga Kecamatan Bandung. Dimana Sri Handayani ini terkonfirmasi positif Covid-19 pada 9 April, setelah terpapar dari adik kandungnya yakni AH pasien positif pertama di Tulungagung, seusai menjalankan ibadah umroh.

Sri Handayani menjalani karantina sejak 2 April lalu ketika diketahui hasil rapid reaktif. Selama karantina dirinya menjalani pengambilan swab sebanyak 9 kali, dan hasilnya dua kali menunjukkan negative atau sembuh.

“Dengan sembuhnya Sri Handayani ini, untuk klaster pertama sudah selesai,” katanya.

Selanjutnya, pasien yang sembuh lainnya yaitu Muhammad Afifudin atau dikenal dengan sebutan MA (33) warga Desa Jabalsari, Kecamatan Sumbergempol. Dia diduga terpapar Covid-19 ketika menemani sang ayah berobat di RSUD dr Iskak Tulungagung dan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 diwaktu itu.

Baca Juga  Total Pasien Positif Corona di Banyuwangi 58 Orang

“MA ini terkonfirmasi positif pada 15 April. Dia menjalani pengambilan swab hingga 7 kali, dan dua hasilnya negative atau sembuh,” jelasnya.

Kemudian dua pasien lainnya yaitu Amir Syarifudin atau AS (58) dan Djuri atau DJ (65) warga Desa Jabalsari, Kecamatan Sumbergempol.

Kedua warga ini diduga terpapar dari keluarga MA, ketika menghadiri kegiatan di rumah MA. Dan dinyatakan konfirmasi positif Covid-19 ini pada 5 Mei lalu.

“Selama masa karantina, yakni AS dan DJ juga diambil swabnya hingga 5 kali. Dan sama hasil swab dua kali menunjukkan negative atau sembuh,” imbuhnya.

Dengan sembuhnya tiga pasien ini asal Desa Jabalsari, maka untuk klaster Jabalsari sudah selesai.

Untuk klaster tenaga kesehatan berjumlah 12 orang sudah sembuh semua, kemudian untuk klaster pelatihan haji sebanyak 5 orang sudah dinyatakan sembuh, klaster kawasan pabrik rokok berjumlah 19 orang dan yang sembuh masih 7 orang.

Galih menambahkan, berdasarkan data persebaran Covid-19 Kabupaten Tulungagung hingga Kamis 11 Juni, untuk orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.342 orang, untuk pasien dalam pengawasan 655 orang dengan rincian dirawat 49 orang, pulang 416 orang.

Baca Juga  Peduli Covid-19, Korpri Salurkan Ratusan Paket Sembako dan Ribuan Masker

Sedangkan jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi positif di Tulungagung hingga kini berjumlah 70 orang, dengan rincian 44 pasien dinyatakan sembuh, 18 menjalani karantina, tuju orang dirawat dan 1 orang meninggal. (an)

News Feed