oleh

Jelang Pemungutan Suara, KPPS se-Kota Blitar Bakal Dirapid Test

Blitar, (afederasi.com) – KPU Kota Blitar bakal melakukan rapid test kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan melayani pemilih menyalurkan suaranya pada 9 Desember 2020 mendatang. Rapid tes itu akan dilakukan pada 28-29 November 2020 di masing-masing Kantor Kecamatan.

Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Rangga Bisma Aditya mengatakan, rapid test ini untuk melihat hat kondisi kesehatan para KPPS menjelang hari pungut suara. Bila ada yang yang reaktif, maka akan dilanjutkan dengan swab oleh gugus tugas.

Menurut Rangga, bila ada yang terkonfirmasi positif corona maka KPPS akan dikarantina hingga sembuh. Hal itu tertuang dalam PKPU Nomor 13 tahun 2020. Dalam regulasi itu menjelaskan KPPS yang berhalangan hadir saat pungut suara tidak akan diganti. Berbeda dengan linmas, mereka yang tak bisa hadir saat pungut suara berlangsung akan diganti.

Rangga menambahkan ada 2331 orang yang bakal menjalani rapid test untuk keperluan pungut suara 9 Desember 2020 mendatang. Jumlah itu terdiri atas 1.813 KPPS dan 518 linmas. (dik)

Baca Juga  Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gelar Razia Serentak, Ini Hasilnya

News Feed