oleh

Jalani Pengobatan, Belasan ODGJ Dikirim ke RSJ

Tulungagung, (afederasi.com) – Sebanyak lima belas Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) asal Kota Marmer dikirim ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya pada Senin (31/8/2020) pagi.

Pemberangkatan ODGJ yang terdiri dari tujuh wanita dan delapan pria tersebut dengan menumpang bus yang disiapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

“Selain dikawal oleh petugas dari Dinkes, pihak keluarga juga diminta untuk mendampingi mereka,” kata Kepada Dinkes Tulungagung Kasil Rokhmad kepada afederasi.com.

Kasil mengatakan, kelima belas ODGJ ini adalah bagian dari 58 ODGJ yang pernah dikirim ke RSJ pada tahun 2017 yang lalu. Setelah dikembalikan kepada keluarga, ternyata ada 15 ODGJ yang kembali dipasung oleh keluarganya.

“Nah sekarang mereka (15 ODGJ-red) kita kirim kembali ke RSJ untuk pengobatan,” katanya.

Kasil menjelaskan, beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pemasungan kembali (repasung) yakni adanya miskomunikasi pada keluarga ODGJ. Selain itu, ada faktor lain seperti lingkungan keluarga dan kondisi sosial yang kurang mendukung terhadap ODGJ.

“Jadi kondisi lingkungan juga berpengaruh terhadap ODGJ. Sehingga pihak keluarga terpaksa harus memasung mereka lagi,” terangnya.

Baca Juga  Setelah Belasan Truk, Kini Giliran Eksavator Disita Polisi

Kasil mengungkapkan, kelima belas ODGJ repasung ini akan menjalani pengobatan hingga sembuh. Menurutnya, salah satu indikatornya yakni ketika ODGJ sudah bisa mandiri.

“Jika sudah bisa mandiri maka ia akan dikembalikan kepada keluarganya. Harapannya, keluarga bisa mendampingi dan menciptakan kondisi yang baik untuk kesembuhannya,” ungkapnya.

Kasil menambahkan, sebelum dikirim ke RSJ mereka juga diwajibkan menjalani tas swab, dan hasilnya semua negatif. Termasuk keluarga yang turut mengantar juga dilakukan rapid test.

“Alhmadulilah hasilnya non-reaktif juga,” tukasnya. (yp)

News Feed