oleh

Ini Jenis Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas Dimasa Pandemi Covid-19

Tulungagung, (afederasi.com) – Vaksin atau obat untuk menyembuhkan Covid-19 sejauh ini memang belum ditemukan. Namun, langkah pencegahan yang mudah dilakukan yakni dengan menjaga imunitas atau daya tahan tubuh melalui makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Lantas, jenis makanan apa yang mengandung banyak vitamin dan mineral ini ?

Plt Kepala Dinas Kesehatan Bambang Triono melalui Kasi Farmasi dan Perbekalan Masduki menjelaskan, makanan yang sehat adalah makanan yang kaya akan vitamin.

Seperti vitamin C, yang dapat ditemui pada berbagai buah dan sayuran. Meliputi, jeruk, kiwi, lemon, stroberi, jambu biji, nanas, dan papaya. Sedangkan pada sayuran seperti brokoli, tomat, dan cabe hijau.

“Dalam sehari, angka  kecukupan gizi untuk orang dewasa sekitar 75mg – 90mg,” katanya.

Selanjutnya, makanan yang mengandung vitamin E meliputi, almod, minyak kanola, minyak jagung, minyak zaitun, minyak kelapa sawit, minyak kacang kedelai, dan margarin. Kemudian, sumber vitamin B6 bisa didapatkan dari ikan tuna, hati ayam, ikan salmon, dagaing ayam tanpa kulit, daging sapi, pisang dan kentang.

“Adalagi sumber Zink, yang bisa didapatkan dengan makan tiram, kepiting, daging sapi, hati ayam, keju, dan kuning telor,” imbuhnya.

Masduki melanjutkan, makanan sehat juga harus mengandung Folat. Dimana, Folat ini bisa didapatkan pada hati ayam, kacang tanah, brokoli, tahu, jeruk, stroberi, dan tempe.

Masduki menambahkan, selain menjaga asupan gizi ada hal yang sepele namun sangat diperlukan untuk mendukung peningkatan daya tahan tubuh. Seperti, cukup tidur, olahraga di rumah secara teratur sambil berjemur, dan mengontrol stres.

“Jangan lupa patuhi anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan seperti penggunaan masker, cuci tangan, dan jauhi kerumunan,” tukasnya. (yp).

News Feed