oleh

Ini Alasan Pria Nekat Curi Enam Ekor Ayam

IM ketika menjalani rekontruksi cara dia mencuri ayam milik Kambali (istimewa)

Tulungagung, (Afederasi.com) – Harapan IM (33) warga Desa Sawo, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung yang tinggal di Desa Bono, Kecamatan Pakel untuk bekerja di Kalimantan pupus sudah.

Pasalnya, pria yang tengah pisah ranjang ini kepergok oleh warga lantaran diduga mencuri enam ekor ayam milik Kambali (56) warga Desa Sukoanyar, Kecamatan Pakel pada Kamis (12/09/2019) malam. Rencananya, ayam-ayam itu nantinya akan dijual untuk biaya membeli tiket pergi ke Kalimantan.

Kapolsek Besuki AKP Randy Irawan melalui Kanit Reskrim Aiptu Suharmaji mengatakan, terungkapnya kasus tersebut bermula dari kecurigaan anak korban pada Kamis malam, yang mendengar suara gemuruh ayam dari kandang di belakang rumahnya.

“Mendengar itu kemudian memberitahukan kepada bapaknya, yang selanjutnya korban langsung mengecek ayam dibelakang rumahnya,” katanya.

Saat dicek lanjut Suharmaji, korban mendapati empat ekor ayam betina dan dua ekor ayam jantan miliknya sudah tidak berada di tempatnya (hilang). Korban sempat mencari di sekitar namun ayam tidak ditemukan.

Baca Juga  Epilepsi Kambuh, Pemuda Ini Tewas Terpeleset dan Tenggelam di Sungai Ngrowo

“Yakin jika ayamnya telah dicuri, akhirnya korban mencoba mencari jejaknya hingga keluar rumah,” katanya.

Suharmaji melanjutkan, menurut sekelompok pemuda yang sedang nongkrong tak jauh dari rumah korban, mereka sempat melihat orang asing yang berjalan kaki dengan membawa karung warna putih. Diduga, karung tersebut berisi ayam karena saat melintas terdengar suara yang identik dengan ayam, Namun saat itu mereka tidak mencurigainya.

“Setelah itu, korban dengan dibantu warga langsung mencari orang yang dicurigai tersebut,” imbuhnya.

Ketika berada di area perkebunan jagung yang berjarak kurang lebih sekitar 300 meter dari rumah korban, warga menemukan sepeda motor Yamaha Mio yang diparkir. Ketika itu, warga berkeyakinan jika motor tersebut ada keterkaitan dengan pencuri ayam yang sempat kabur menuju ke area perkebunan.

“Saat warga sedang sibuk mencari pemilik motor, tiba-tiba dari dalam area perkebunan jagung keluar seorang pria (IM) yang mengatakan bahwa itu adalah motornya,” terangnya.

Warga menduga jika pria itulah yang mencuri ayam korban. Namun, IM terus mengelaknya. Padahal, di saku celananya ditemukan dua siung bawang putih yang diduga digunakan saat mencuri. Pria itu mengaku sedang mencari jangkrik.

Baca Juga  Berikan Bunga, Simbol Warga Campurdarat Apresiasi Polri

“Tak percaya dengan pengakuan tersangka (IM), akhirnya warga masuk ke dalam perkebunan dan menemukan karung putih berisi enam ekor ayam,” imbuhnya.

Meski, barang bukti ayam telah ditemukan namun IM masih belum mengakuinya. Warga yang kesal dengan tersangka akhirnya memilih melaporkannya ke Polsek Pakel.

“IM baru mengakui perbuatannya pada Jumat (13/09/2019) malam,” jelasnya.

Kepada petugas, IM mengaku nekat mencuri ayam tersebut karena membutuhkan dana untuk biaya kerja ke Kalimantan. Dari rumah, IM sudah ada niatan untuk mencuri dengan mencari sasaran ayam. Modusnya, ia berkeliling mengendarai sepeda motor.

“Setelah target didapat, ia memarkirkan motor ditempat yang aman,” katanya.

Selanjutnya, IM masuk ke area rumah korban dengan cara memanjat pagar. Dan mengambil lima ekor ayam di kandang, dan satu ekor ayam di kurungan. Ayam-ayam tersebut dimasukkan ke karung dan dibawanya ke lokasi parkir sepeda motor.

“Tersangka juga mengaku baru sekali ini melakukan pencurian,” tambahnya.

Suharmaji menambahkan, kini kasus tersebut masih dalam proses penyidikan. Pihaknya juga tengah melengkapi berkas-berkas pameriksaan untuk segera dilimpahkan ke kejaksaan.

Baca Juga  Gondol HP Di Warkop, Residivis Dicokok Polisi

“Atas perbuatannya, tersangka bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,” pungkasnya. (ra/an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed