Rabu, 20 Mei 2020, 16:52 WIB

Hasil Uji RDT Empat Orang dilaporkan Reaktif, Dua orang Merupakan Karyawan Apollo

Tulungagung, (afederasi.com) – Sedikitnya empat orang disejumlah pusat pertokoan diketahui reaktif. Hal itu seusai dilakukan uji rapid dignostic test (RDT) Covid-19 secara on the spot, oleh Satuan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Tulungagung, pada Rabu (20/5/2020).

Wakil juru bicara satuan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Tulungagung, Galih Nusantoro menuturkan harini pihaknya melakukan uji RDT on the spot disejumlah tempat berkumpulnya warga. Seperti halnya di Golden swalayan, Super Mall Apollo, Supermarket Bravo dan pasar Ngemplak.

Tercatat ada sekitar 290 orang yang dilakukan uji RDT. Dari jumlah itu diketahui 4 orang hasilnya reaktif, yang diketemukan di pusat perbelanjaan Super Mall Apollo dan Golden Swalayan. Sedangkan di dua tempat lainnya yakni Supermarket Bravo dan Pasar Ngemplak nihil atau non reaktif.

“Empat orang ini meliputi dua orang merupakan karyawan Supermall Apollo, dan dua orang merupakan pengunjung,” ungkap Galih Nusantoro, Rabu (20/5/2020).

Lebih lanjut Galih menuturkan adapun empat warga yang reaktif diantaranya 3 berasal dari Tulungagung dan satu orang dari Kabupaten Trenggalek.

Baca Juga  Trenggalek Raih Penghargaan Natamukti Keempat Kalinya

“Dari hasil acak, dan kebetulan ada pengunjung yang menarik perhatian kemudian dilakukan tes RDT yang hasilnya reaktif. Dan diduga satu pengunjung ini aparatur sipil negara (ASN), kami masih telusuri,” jelasnya.

Langkah selanjutnya bagi empat orang yang reaktif, kata Galih, dua orang dari Tulungagung yang statusnya sebagai karyawan ini sudah masuk di rusunawa sekitar pukul 14.00 WIB. Sedangkan satu warga sebagai pengunjung swalayan Golden ini nanti menyusul masuk ke Rusunawa.

Kemudian satu warga dari Kabupaten Trenggalek akan dijemput oleh pemerintah Trenggalek guna menjalani karantina. “Jadi harini yang masuk rusunawa ada tiga orang, satu lagi akan dikarantina di Trenggalek,” imbuhnya.

Galih menambahkan, hasil RDT yang menunjukkan reaktif belum tentu positif Covid-19. Sebab, masih perlu dilakukan pengambilan swab guna dilakukan pemeriksaan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Sementara itu, Iwan selaku owner Super Mall Apollo mengatakan dengan temuan hasil reaktif dari uji RDT ini belum tentu positif Covid-19. Namun, dengan temuan ini pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara masal terhadap karyawan Super Mall Apollo di waktu liburan nanti.

Baca Juga  Resmikan Taman Baca, Ini Pesan Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Jatim

“Ini kan belum tau positif Covid-19 atau tidak. Tapi nanti diwaktu liburan secara bertahap akan kita rapid tes sejumlah karyawan. Kurang lebih sekitar 100 an,” ujarnya.

Disinggung apakah ada karyawan dari luar kota, Iwan menyatakan tidak ada karyawannya yang berasal dari luar Tulungagung. Dan mereka semua berada di Tulungagung artinya tidak ada yang melakukan perjalanan ke luar kota.

“Mayoritas karyawan asal Tulungagung. Jadi tidak ada yang melalukan perjalanan dari luar kota,” tegasnya. (an)

News Feed