oleh

Empat Pelaku Pencurian Di Toko Emas Ditangkap, Inilah Peran Mereka

Empat pelaku ketika diamankan di Mapolres Tulungagung (deny/afederasi.com)

Tulungagung, (afederasi.com) – Sebanyak empat dari lima pelaku pencuri perhiasan di toko emas Sinar Mas masuk Desa Karangtalun, Kecamatan Kalidawir berhasil diringkus. Meski masih ada satu pelaku yang belum tertangkap yani SY (31) warga Kelurahan Karangroto, Kecamatan Genuk , Kota Semarang, namun proses penyidikan terus berlanjut.

Lantas, apa saja peran komplotan yang beraksi lebih dari dua TKP dengan modus yang sama tersebut ?

Seperti yang diketahui, keempat pelaku yang berhasil ditangkap tersebut yakni Suharsih alias Siti (40), Aminah (51), Nur Rohman (24), dan Saiful Anas (33). Sedangkan satu pelaku yang masih dalam pengejaran yakni SY.

Menurut penuturan Kapolsek Kalidawir AKP Santoso melalui Kanitreskrim Aiptu Rahmang Budiyanto, berdasarkan hasil pemeriksaan keempat pelaku diketahui otak pelaku adalah Aminah. Aminah itu sendiri adalah ibu kandung dari Nur Rohman dan Saiful Anas.

“Jadi yang memiliki inisiatif, membagi peran masing-masing, menjual barang hasil curian, hingga membagi hasil penjualan adalah Aminah,”katanya.

Baca Juga  Komplotan Pencuri Sasar Toko Emas, Ternyata Telah Beraksi Di 18 TKP

Rahmang melanjutkan, adapun tugas masing-masing pelaku yakni, Suharsih dan Aminah  berperan sebagai seseorang yang berpura-pura menjadi pembeli. Layaknya seorang pembeli, keduanya juga melihat-lihat dan mencobanya. Namun saat perhatian penjaga toko lengah, Aminah mangambil salah satu gelang tersebut.

Dalam menjalankan aksinya, keduanya didampingi oleh SY yang saat ini masih buron. SY sendiri berperan menguatkan apa-apa yang diperankan oleh Aminah dan Suharsih alias Siti.

“Sedangkan Nur Rohman dan Saiful Anas bertugas sebagai sopir secara bergantian. Selain itu, keduanya juga berperan memantau situasi sekitar,” katanya.

Rahmang melanjutkan, sebelum beraksi di toko emas Sinar Mas di Desa Karangtalun, Kecamatan Kalidawir, kelimanya sempat beraksi ditempat lain. Menurutnya, mereka berangkat dari Semarang pada Senin (25/11/2019) menuju ke Wonogiri dan Trenggalek dengan mengendarai mobil rentalan. Sasarannya adalah toko emas yang berada di dekat pasar.

“Karena saat itu mereka belum berhasil mendapatkan target, akhirnya mereka sempat menginap di Hotel Jaas Trenggalek,” terangnya.

Kemudian keesokan harinya yakni pada Selasa (26/11/2019) pagi, mereka kembali beraksi di daerah Trenggalek. Saat itu mereka berhasil menggasak dua buah kalung dengan berat sekitar 4 gram dan 6 gram dari toko emas juga.

Baca Juga  Satroni Toko Emas, Komplotan Pencuri Antar Provinsi Dibekuk Polisi

“Berhasil menggondol dua buah kalung, mereka kembali beraksi di area Tulungagung. Mereka juga telah mendapatkan informasi bahwa di daerah Kalidawir ada toko emas yang berada di dekat pasar,” imbuhnya.

Berbekal informasi tersebut, kelima pelaku langsung menuju kelokasi. Meski mereka berhasil mnggondol sebuah gelang seberat 4 gram, namun aksi ini yang mengantarkannya ke bui.

Mereka gagal saat berupaya melarikan diri. Dimana salah satu pelaku yakni Suharsih alias Siti berhasil tertangkap oleh warga.

“Selanjutnya secara berurutan berhasil ditangkap Aminah. Nur Rohman, dan Saiful Anas,” terangnya.

Kepada petugas, selama dua bulan terakhir mereka juga pernah melakukan hal serupa di daerah Purwodadi Jawa Tengah. Hasil pencuriannya, dijual oleh Aminah di toko-toko emas pinggir jalan. Dari hasil penjualan itu masing-masing pelaku pernah menerima antara Rp 250 ribu hingga Rp 1.250.000.

Rahmang menambahkan, kini kasus tersebut masih dalam proses penyidikan. Pihaknya juga masih berupaya untuk mencari keberadaan SY yang kini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Seperti yang diketahui, komplotan pencuri emas tersebut bisa dibilang nekat. Sebab, selain beraksi di siang bolong mereka juga melakukannya saat berada di keramaian umum. Beruntung saat itu, antara korban, warga, anggota Polsek Kalidawir, Unit Resmob Polres Tulungagung, dan anggota Polres Kediri bekerjasama dengan bagus. Sehingga keempat pelaku berhasil diamankan. (ra/an)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed