oleh

Diduga Konsleting, Toko Bangunan di Kota Soto Ludes Terbakar

Lamongan, (afederasi.com ) – Sebuah toko bangunan yang berada di Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng ludes dilalap si jago merah pada Minggu (23/8/2020) sore. Diduga, api berasal dari konsleting listrik. Meski tidak ada korban jiwa, namun keruguian materi ditafsir mencapai Rp 300 juta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun afederasi.com, sebelum kebakaran terjadi, pemilik Toko Bangunan Sumber Mulyo yakni Abdul Basir memerintahkan karyawannya Agus Budiawan untuk membuat etalase atau rak yang terbuat dari besi. Adapun proses pembuatannya, menggunakan alat las listrik yang berada di dalam gudang toko.

Kemudian sekitar pukul 12.30 WIB, Agus Budiawan istirahat untuk makan dan sholat. Namun ia ternyata tidak memastikan apakah alat las tersebut masih menancap ke stop kontak listrik atau tidak.

Selanjutnya sekitar pukul 14.30 WIB, Agus Budiawan ini melihat api di dalam gudang, tepatnya di ruang membuat etalase atau rak. Karena di lokasi terdapat barang yang mudah terbakar seperti cairan tiner, akhirnya api cepat membesar.

Mengetahui itu warga sekitar sudah berusaha untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Namun api dengan cepat menjalar ke seluruh bagian toko.

Baca Juga  Pemkab Lamongan Perbolehkan Warga Gelar Hajatan, Asal ?

Camat Karanggeneng Bhakti Aprianto ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, api pada toko bangunan yang berukran 9 meter × 9 meter baru berhasil dipadamkan setelah empat unit kendaraan pemadam kebakaran datang.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.00 WIB oleh PMK Lamongan,” jelasnya.

Masih Kata Bhakti, dugaan penyebab kebakaran masih dalam proses penyidikan oleh pihak berwajib. Namun menurut keterangan dari beberapa warga, diduga penyebab kebakaran akibat konsleting listrik.

“Diperkirakan kerugian materi mencapai Rp 300 juta,” tukasnya. (ra/yp)

News Feed