oleh

Deteksi Sebaran Covid-19, Gugus Tugas Rapid Test Pengunjung Pasar Hewan

Tulungagung, (afederasi.com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Tulungagung kembali menggelar rapid test massal dadakan pada Kamis (30/7/2020). Kegiatan untuk mendeteksi sebaran Covid-19 kali ini menyasar ratusan pengunjung di Pasar Hewan masuk Desa Beji Kecamatan Boyolangu.

Kepala UPT Pasar Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar Kabupaten Tulungagung Zaenu Mansur mengatakan, dipilihnya lokasi di Pasar Hewan Beji ini karena saat mendekati hari raya Idul Adha jumlah pengunjung meningkat drastis. Terlebih, mereka tidak hanya berasal dari Tulungagung saja. Tetapi juga dari luar kota seperti Surabaya, Gresik, Ponorogo, Trenggalek, hingga Jawa Tengah.

“Jadi setiap pasaran jumlah pengunjung bisa tembus angka 600an,” imbuhnya.

Atas dasar inilah lanjut Zaenu Mansur, pihaknya bersama GTPPC menggelar rapid test sebagai upaya untuk menekan penyebaran covid-19 di lingkup pedagang pasar hewan.

“Ini bentuk upaya kewaspadaan kami, jangan sampai kecolongan,” ujarnya.

Zaenu Mansur melanjutkan, adapun kriteria yang akan dirapid test yakni pedagang dan pembeli yang sudah lansia dan mereka yang memiliki gejala batuk pilek juga diprioritaskan untuk menjalani rapid test.

Baca Juga  Kapolres dan Bupati Sepakat Jam Malam di Kota Marmer Berlanjut

“Jadi kita acak, tidak semua di rapid test,” imbuhnya.

Sementara itu ketua tim tracing dari Dinas Kesehatan Tulungagung Satrio Wibowo mengatakan, saat ini pihaknya menyediakan 300 alat rapid test. Menurutnya, jika nanti ada temuan warga yang reaktif, maka saat itu juga langsung dilakukan pengambilan swab.

“Jika hasil swab positif maka kami akan koordinasi dengan Gugus Tugas daerah asal yang bersangkutan,” katanya.

Satrio menambahkan, dalam rapid test ini pihaknya juga mengutamakan melakukan uji kepada warga yang berasal dari luar Tulungagung. Sesbab, di Tulungagung sendiri penyebaran Covid-19 cukup rendah. Sedangkan daerah lain di Jatim masih merah, sehingga antisipasi pendatang dari luar kota sangat diperlukan. (yp)

News Feed