oleh

Deklarasi Damai Tolak Kekerasan dan Anarkisme

Trenggalek, (afederasi.com) – Kepolisian Resort (Polres) Trenggalek bergerak cepat dalam menyikapi perkembangan dan dinamikan kamtibmas terkait aksi penolakan Omnibus Law UU Ciptakerja.

Terbaru, Korps Baju Cokelat menggandeng sejumlah pihak menggelar deklarasi tolak kekerasan dan tindakan anarkis, Jumat ( 15/10/2020). Deklarasi dan pernyataan sikap tersebut dilaksanakan di Aula Rupatama Mapolres.

Tampak turut dalam penandatanganan kesepakatan yakni dari Polres Trenggalek, Kejari, Pengadilan Negeri, Kodim 0806, Pjs. Bupati Trenggalek diwakili Kasatpol PP, dan DPRD Trenggalek.

Sedangkan dari elemen masyarakat turut hadir pula diantaranya, Ketua MUI Kabupaten Trenggalek, PCNU, PD Muhammadiyah, LDII, Bamag, tokoh umat Hindu, Pemuda Pancasila, Sarkorcab Banser dan Pemuda Muhammadiyah.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring mengatakan, selama ini masyarakat Trenggalek dikenal sebagai daerah yang aman kondusif.

“Kondisi yang aman kondusif ini tentunya berkat kerja keras dari semua pihak yang tetap konsisten menjaga kondusivitas keamanan,” ungkapnya.

Disampaikan AKBP Doni, dalam penyampaian aspirasi itu memang diperbolehkan sebagaimana diatur oleh undang-undang. Namun harus tetap dalam koridor hukum dan tidak melakukan tindakan atau perbuatan yang bersifat destruktif dan anarkis.

Baca Juga  Nelayan Keluhkan Maraknya Keramba Lobster di Pantai Popoh

“Kami berharap dengan kegiatan ini, kita semua dapat menciptakan situasi Kamtibmas Trenggalek yang aman kondusif,” terangnya.

Adapun isi deklarasi, lanjut AKBP Doni, mengecam dan mengutuk segala bentuk tindak kekerasan dan anarkisme yang mengancam persatuan dan keutuhan Republik Indonesia dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam penyampaian aspirasi.

Selain itu, perwakilan berbagai elemen masyarakat Kabupaten Trenggalek ini juga mendorong langkah-langkah menempuh jalur konstitusi dalam menyikapi permasalahan serta siap berperan aktif menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat Kabupaten Trenggalek serta mendorong suksesnya Pilkada Kabupaten Trenggalek tahun 2020. (pb/yp)

News Feed