oleh

Corat-coret, Enam ABG Diamankan Polisi

Tulungagung, (afederasi.com) – Sebanyak enam Anak Baru Gede (ABG) terpaksa digelandang ke Mapolres Tulungagung, Minggu (11/10/2020) dini hari. Pasalnya, keenamnya kepergok tengah mencorat-coret dinding di simpang empat RS Lama bersama enam ABG lain yang berhasil melarikan diri.

Diduga, enam ABG ini adalah pelaku yang melakukan hal serupa di tempat yang sama beberapa hari sebelumnya.

Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia melalui Wakapolres Kompol Yoghi Hadisetiawan membenarkan tentang penangkapan tersebut. Menurutnya, keenamnya yang masih dibawah umur kepergok sedang mencoreti dinding di simpang Rumah Sakit Lama.

“Jadi saat anggota patroli mengetahui mereka beraksi, petugas langsung mengamankannya,” imbuhnya.

Sayang lanjut Yoghi, hanya enam ABG yang diduga sebagai pelaku berhasil diamankan. Sedangkan enam lainnya berhasil melarikan diri.

“Mereka yang berhasil kabur tetap kami kejar,” tegasnya.

Yoghi melanjutkan, meski mereka menunjukkan simbol-simbol kelompok anarko,  namun keenamnya bukanlah berasal dari kelompok. Hal tersebut dikuatkan dengan pengakuan para pelaku, serta tidak ditemukan bukti keanggotaan seperti kartu anggota tertulis, dan sebagainya.

Baca Juga  Istri Hamil 6 Bulan, Residivis Didor Gegara Curi Motor

“Kepada petugas mereka hanya mengaku iseng,” terangnya.

Dengan tertangkapnya keenam pelaku ini lanjut Yoghi, setidaknya kejadian yang bersifat provokatif, pencemaran nama baik yang meresahkan masyarakat bisa terkendali. Terlebih, saat ini lagi tren tentang Omnibus law UU Cipta Kerja.

Masih menurut Yoghi, selain melakukan pemeriksaan pihaknya juga bakal memanggil orang tua dan kepala sekolah masing-masing anak. Hal ini untuk memastikan agar mereka juga turut mengawasi agar kejadian ini tidak terulang lagi.

“Mereka masih berstatus saksi, karena berstatus dibawah umur, kemungkinan akan diversi,” ungkapnya.

Yoghi menambahkan, dari peristiwa tersebut, petugas mengamankan barang bukti berupa pilok, mal, dan lem. (er/yp)

News Feed