oleh

Coba Melarikan Diri, Residivis Curanmor Didor

Pelaku beserta barang bukti ketika diamankan di Mapolres Tulungagung, Jawa Timur

Tulungagung, (Afederasi.com) – YP (29) warga Desa Balerejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur dengan terpaksa harus dilumpuhkan dengan timah panas tepat di kaki kirinya pada Sabtu (28/09/2019) malam.

Pasalnya, residivis kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) tersebut mencoba melarikan diri saat diamankan.

Pelaku diduga kembali berulah dengan mencuri sepeda motor Honda Scoopy AG 6404 RCJ milik Heru Setiawan (28) warga Desa Tawing, Kecamatan Gondang, pada Senin (09/09/2019) lalu.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa dua unit sepeda motor Honda Scoopy AG 6404 RCJ, Suzuki Spin AG 6913 T, sebilah golok, sebuah ponsel android, dan sebuah tas ransel.

“Karena pelaku mencoba melarikan diri saat diamankan, akhirnya petugas memberikan tindakan yang terukur,” tegas Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia melalui Paur Humas Iptu Anwari, Senin (30/09/2019).

Anwari menjelaskan, terungkapnya kasus tersebut bermula dari laporan korban ke Polres Tulungagung pada Senin (09/09/2019) yang lalu. Menurutnya, ketika motornya di parkir di tempat kosnya yakni di Kelurahan Kampungdalem, Kecamatan Tulungagung Kota telah dicuri oleh pria yang tidak dikenal.

Baca Juga  Berupaya Kabur Setelah Mencuri Uang dan HP, Wanita Ini Akhirnya Ditangkap Korbannya

“Jadi korban memakirkan motor tersebut pada Jumat (06/09/2019) sekitar pukul 19.00 WIB. Setelah itu korban tertidur, lalu keesokan harinya pada pukul 02.15 WIB saat korban hendak membuat mie instan mendapati motornya sudah tidak ditempat semula,” jelasnya.

Berbekal aduan tersebut langsung bergegas memeriksa sejumlah saksi dan melakukan olah TKP. Namun saat itu petugas belum menemukan petunjuk yang mengarah kepada pelaku.

“Petugas baru mendapat petunjuk saat ada salah satu saksi yang menginformasikan bahwa motor hasil curian tersebut ditawar-tawarkan,” katanya.

Setelah ditelusuri lanjut Anwari, ternyata pelaku diketahui berada di daerah Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Hasilnya, pelaku berhasil diidentifikasi dan ditangkap di kamar kosnya pada Sabtu (28/09/2019) sekitar pukul 20.00 WIB berikut barang bukti dua unit sepeda motor hasil curiannya.

“Awalnya pelaku mengelak, namun karena barang bukti juga ada akhirnya ia mengakuinya,” terangnya.

Kepada petugas, pelaku mengaku telah melakukan curanmor sebanyak dua kali. Pertama di daerah Kecamatan Kauman yakni sepeda motor Suzuki Spin AG 6913 T, dan kedua di tempat kos masuk Kelurahan Kampungdalem yakni Honda Scoopy AG 6404 RCJ. Pengakuannya ia melakukan aksi tersebut seorang diri, modusnya ia berkeliling setelah ada target langsung dieksekusinya.

Baca Juga  Seorang Pemuda Dapatkan Bogeman Mentah, Karena ini

“Berdasarkan catatan kepolisian, tersangka juga pernah terjerat kasus serupa pada 2015 silam,” imbuhnya.

Anwari menambahkan, kini kasus tersebut tengah ditangani Unit Pidana Umum (Pidum) Polres Tulungagung. Petugas juga masih mengorek setiap keterangan dari tersangka. Atas perbuatannya, tersangka bakal dijerat dengan pasal 363 ayat (1) ke 3e 4e dan 5e KUHP.

“Ancamannya minimal 5 tahun penjara,” pungkasnya. (ra/an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed