Kamis, 30 Juni 2022, 12:38 WIB

Bupati Maryoto diperiksa KPK di Ruangan Polres Tulungagung

Tulungagung, (afederasi.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Bupati Tulungagung Maryoto Birowo di ruangan Satreskrim Polres Tulungagung, pada Kamis (30/6/2022) pagi.

Pemeriksaan bupati aktif ini dilakukan sebagai saksi dalam kasus TPK Bantuan Pemprov Jatim untuk Pemerintah Kabupaten Tulungagung TA 2014-2018.

“Untuk Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menjalani pemeriksaan mulai pukul 09.30 WIB,” jelas Mantan Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung, Sukarji sesaat setelah turun dari ruang pemeriksaan lantai 2 Satreskrim Polres Tulungagung.

Sukarji sendiri mengaku, hingga saat ini dirinya belum diperiksa oleh Lembaga anti rasuah tersebut.

Sementara itu berdasarkan pantauan afederasi.com, hingga pukul 12.00 WIB, Bupati Maryoto belum nampak keluar dari ruang pemeriksaan di lantai 2 Satreskirm Polres Tulungagung. Terhitung Bupati Maryoto telah  menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 3 Jam.

Dikutip dari media Detik.com dijadwalkan adabeberapa nama yang diperiksa oleh KPK pada hari ini (30/6/2022),  yakni Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Sri Pramuni selaku Pensiunan Mantan Kabid Anggaran BPKAD Tulungagung, Nurkhodik selaku Kabid Pembangunan pengembangan SDA dan Made Prasetyo selaku Bendahara Pengeluaran Set DPRD Kabupaten Tulungagung.

Namun hingga kini masih terlihat Bupati Tulungagung Maryoto Birowo yang diperiksa oleh KPK di ruangan Satreskrim Polres Tulungagung.

Sekedar diketahui jika sebelumnya pada Rabu (29/6/2022) KPK telah memeriksa Plt Sekretaris DPRD Tulungagung, Yuwono Pramudiono dan Kabid Perencanaan, BKAD Tulungagung, Jamani di Polres Tulungagung.

Sedangkan pada Selasa, (28/6/2022), penyidik KPK juga memeriksa mantan Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo yang masih menjalani masa tahanan atas kasus korupsi proses pembahasan, pengesahan dan pelaksanaan APBD Tulungagung tahun anggaran 2015-2018 di Lapas Klas IIB Tulungagung.

Sedangkan pada Senin (26/6/2022), penyidik KPK juga memeriksa empat mantan pejabat yakni, Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tulungagung, Indra Fauzi, Mantan Kepala BPKAD Tulungagung, Hendrik Setiawan, Mantan Kepala Bappeda Tulungagung 2013-2016, Sudigdo Prasetyo dan Mantan Kepala Bappeda Tulungagung 2016-2020, Suharto, di dua ruangan Mapolres Tulungagung. (riz/dn)