oleh

Bukti Transfer Catut Nama Kades Gambiran Resahkan Warga

Banyuwangi, (afederasi.com) – Warga Desa Gambiran, Kecamatan Gambiran, digegerkan adanya bukti transfer palsu dan nomor yang mengatasnamakan Kepala Desa Gambiran, Eko Hadi Riyanto. Struk transfer dan nomor itu, meminta untuk dibelikan pulsa dan juga mengorder makanan di sejumlah warga sekitar, Kamis (17/9/2020).

Nomor telepon 085961507710 yang menghubungi melalui WhatsApp itu, juga menggunakan foto Kades dengan memakai seragam kerja. Nomer tersebut, menghubungi korban untuk memesan makanan dengan jumlah tidak masuk akal. “Saya yang jualan nasi goreng hampir jadi korban, dengan pesan 35 porsi makanan,” kata salah satu korban, Ahmad.

Menurut Ahmad, nomor yang menghubunginya mengatasnamakan kades tersebut setelah memesan makanan langsung meminta nomor rekening untuk proses pembayaran.

“Bukti transfer dikirimkan dengan jumlah lebih, saat itu dengan jumlah Rp 560 ribu. Padahal, pembelian itu hanya membayar Rp 350 ribu,” papar lelaki, 30 tahun tersebut.

Ahmad mengatakan, dari lebihan pengiriman itu pelaku meminta uang lebihannya itu untuk dibelikan pulsa ke nomor 087743286699 sebesar Rp 200 ribu. Padahal, transfer pembayaran itu tidak pernah masuk ke nomor rekeningnya.

Baca Juga  Pedagang Antar Pulau Terkonfirmasi Positif Corona

“Saya curiganya saat bukti transfer dikirimkan, tidak ada notifikasi sms banking masuk,” terang ketua RT 02 RW 04 tersebut.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gambiran, Syahroni mengatakan, korban struk palsu ini bukan hanya penjual nasi goreng. Tetapi, penjual ketering makanan juga menjadi korban.

“Dari laporan yang saya dapat ada beberapa orang memang struknya sama hanya beda nominal dan tujuan saja,” katanya.

Roni panggilan akrab Syahroni menambahkan, adanya struk palsu dan juga mencatut nama Kades itu sangat meresahkan. Bahkan, juga merusak nama baik Kades.

“Ini sangat meresahkan, kami menduga terduga pelaku ini tidak jauh dari warga Desa Gambiran. Karena mengetahui benar terget-tergetnya,” tegasnya.

Sementara itu, Kades Gambiran, Eko Hadi Riyanto mengatakan, jika nomor yang mengatasnamakan dirinya tersebut bukan dirinya. Karena, dirinya tidak pernah mengganti nomor ataupun memiliki dua nomor.

“Nomor saya cuma satu mas, tidak ada nomor lainnya,” katanya.

Eko menambahkan, adanya pihak yang mengatasnamakan dirinya itu memang sangat merusak nama baiknya. Namun dirinya akan menyerahkan kepada korban, jika memang mau memperkarakan masalah tersebut.

Baca Juga  Pemotor Tewas Usai Tabrak Mobil APV

“Kalau saya pasrahkan kepada korban, jika memang mau laporan silahkan,” jelasnya. (ron/am)

News Feed