oleh

Belasan Pasien Corona dari 13 Kecamatan dilaporkan Sembuh

Tulungagung, ,(afederasi.com) –  Jumlah pasien sembuh dari coronavirus disease (Covid-19) di Tulungagung beberapa hari ini terus bertambah. Terbaru tim satuan gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 merilis 15 nama pasien dari 13 kecamatan dilaporkan sembuh dari Covid-19, pada Minggu (28/6/2020).

“Alhamdulillah harini kami menerima laporan adanya tambahan 15 pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19,” ungkap juru bicara satuan  GTPP Covid-19 Tulungagung, dr Kasil Rohmad

Kasil menuturkan 15 orang yang dinyatakan sembuh ini berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dilakukan oleh RSUD Tulungagung. Sehingga jumlah kumulatif pasien sembuh saat ini sebanyak 183 orang.

“Dengan bertambahnya jumlah pasien sembuh, turut menambah persentase kesembuhan kini menjadi 78 persen,” jelasnya.

Prosedur pemeriksaan dan tes swab sebagai penentuan pasien sembuh dari infeksi SARS-Cov-2 memang saat ini lebih dipermudah oleh WHO (Badan Kesehatan Dunia) dengan hanya satu kali tes swab hasil negatif. Tidak harus melalui prosedur dua kali tes swab tenggorokan dengan hasil negatif.

Pasien orang tanpa gejala (OTG) boleh pulang lebih awal dengan modal satu kali tes swab yang menunjukkan negatif. Namun, mereka tidak diperbolehkan langsung beraktivitas biasa, apalagi sampai keluar rumah.

Baca Juga  Dua Anak Positif Covid-19 dinyatakan Sembuh, Angka Kesembuhan kini Capai 98 persen

“Prosedurnya pasien sembuh boleh pulang begitu hasil swab negatif. Tapi mereka harus melanjutkan karantina dengan isolasi mandiri di rumah selama 21 hari. Ini demi mengantisipasi sisa virus dalam tubuh pasien,” ujarnya.

Lebih lanjut Kasil menuturkan, 15 orang yang dinyatakan sembuh ini tersebar di 13 kecamatan yang ada di Tulungagung. Diantaranya 3 pasien dari Kecamatan Bandung. Kemudian Kecamatan Gondang dan Sumbergempol masing – masing 2 orang.

Selanjutnya, Kecamatan Campurdarat, Kauman, Kedungawaru, Ngantru, Ngunut, Pagerwojo, Sendang, Tulungagung masing – masing satu orang.

Sekedar informasi, berdasarkan data yang dihimpun dari tim satuan GTPP Covid-19 Tulungagung, jumlah pasien terkonfirmasi positif pada Sabtu (28/6/2020) bertambah tiga pasien yang berasal dari Kecamatan Sendang sebanyak dua pasien diantaranya PNG perempuan (57) berstatus OTG dan WKY perempuan (60) berstatus PDP. Sedangkan satu pasien EW perempuan (35) warga Kecamatan Ngantru  berstatus OTG.

Dengan bertambahnya tiga ini, jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Kota Marmer sebanyak 234 orang, dengan rincian 38 menjalani karantina, 10 dirawat, 3 meninggal dunia dan sembuh 183 orang.

Baca Juga  Total Pasien Positif Corona di Banyuwangi 58 Orang

Kemudian ODP sebanyak 1.535, PDP sebanyak 664 dengan rincian 24 dirawat, 450 dinyatakan sembuh, meninggal dunia sebanyak 190 orang. (an)

News Feed