oleh

Bawaslu Tertibkan APK Ditempat Terlarang

Blitar, (afederasi.com) – Ratusan alat peraga kampanye (APK) pemilihan bupati-wakil bupati Blitar ditertibkan petugas Bawaslu setempat. Pasalnya, APK itu terpasang ditempat yang terlarang seperti tiang listrik, tiang telefon dan pepohonan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Hakam Sholahudin mengataka, penertiban ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Kabupaten Blitar. Penertiban dilakukan setelah adanya pengawasan dan pengkajian yang dilakukan oleh Panwascam diteruskan ke Bawaslu.

“Penertiban hari ini serentak di semua wilayah Kabupaten Blitar. Ini adalah  hasil pengawasan dan kajian yang dilakukan Panwascam yang diteruskan ke Bawaslu,” jelasnya.

Hakam melanjutkan, APK tersebut diketahui melanggar peraturan daerah  dan undang-undang. Dimana APK terpasang di pohon, tiang listrik dan tiang telfon.

Dari penertiban tersebut, lanjut Hakam baik pasangan calon nomor urut 01 maupun pasangan calon nomor urut 02 sama-sama ditemukan pelanggaran.

“Dari jumlah ratusan itu ada yang dari paslon nomor urut 01 ada yang dari paslon 02,” imbuhnya.

Hakam menambahkan, saat ini memang masih masa kampanye. Namun,  selama masa kampanye itu, jika ada APK dan bahan kampanye lainnya yang dipasang di tempat yang tidak diperbolehkan akan ditertibkan oleh petugas.

Baca Juga  Antisipasi Gesekan, Forkopimda Sambangi Posko Pemenangan Kedua Paslon

“Kalau ada alat peraga dan bahan kampanye yang terpasang di tempat yang terlarang, kita tertibkan. Meskipun saat ini masih masa kampanye,” tegas Hakam.

Untuk diketahui, Pilbup Blitar 2020 diikuti dua pasangan calon. Pasangan calon nomor urut 01 adalah Rijanto-Marhaenis yang diusung PDIP, Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat dan Nasdem.

Sementara pasangan calon nomor urut 02 Rini Syarifah-HR Rahmat diusung PKB, PKS dan PAN. (dik)

News Feed