oleh

Banyak Ditemukan Arca dan Benda Kuno, Pemdes Gandusari Bakal Lakukan Evakuasi

Blitar, (afederasi.com) – Pemerintah Desa Gandusari bakal melakukan evakuasi, pada Minggu (18/10/2020) mendatang. Hal ini menyusul banyaknya temuan batu arca dengan berbagai bentuk disekitaran aliran Sungai Mbesi yang diduga benda prasejarah.

Sekretaris Desa (Sekdes) Gandusari Syamsul Arifin mengatakan, soal rencana itu pihaknya telah berkonsultasi dan berkoordinasi dengan pegiat pelestarian cagar budaya Blitar dan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora).

“Ini tadi dari Disparbudpora sudah meninjau lokasi penemuan. Beberapa hari yang lalu, dari pegiat pelestarian cagar budaya juga sudah datang,” terang Syamsul Arifin, Rabu (14/10) kepada afederasi.com.

Syamsul menambahkan, sebenarnya warga sudah sejak lama sering menemukan bermacam benda yang diduga merupakan peninggalan purbakala. Hingga saat ini, sudah ada 9 penemuan di aliran Sungai Mbesi dan lebih dari 10 benda ditemukan di pemakaman Suko.

“Ada arca batu yang berbentuk ganesha, tugu batu, lesung batu dan batu-batu lain dengan tulisan,” ujarnya.

Sebelumnya warga hanya menanggapi temuan itu sambil lalu, tidak menyadari bahwa ada kemungkinan benda-benda itu memiliki nilai sejarah.

Baca Juga  GETOL Jatim Gandeng LBH Surabaya Tolak Omnibus Law

“Kita masih menunggu jadwal, setelah itu akan dilakukan evakuasi agar benda bersejarah dapat diselamatkan,”katanya. (dik)

News Feed