oleh

Asam Jawa Tumbang, Jalur Pantura Macet 5 Kilometer

Situbondo, (afederasi.com) – Diterpa angin kencang, pohon Asam Jawa di Pantura Arjasa Situbondo tumbang, Sabtu (19/09/2020). Akibat musibah ini seluruh bahu jalan tertutup batang pohon berukuran besar dan menimbulkan macet jalur Pantura Surabaya-Banyuwnagi macet total hingga 5 kilometer.

Dari pantuan afederasi.com, ukuran pohon asam jawa yang tumbang berdiameter 70 centimeter ini. Lambannya petugas terkait membuat proses evakuasi berlangsung lamban. Imbasnya, memicu kemacetan dari dua arah lalu lintas.

“Sudah 30 menit ini macetnya, tidak bergerak sama sekali,” terang Andi sopir truk fuso yang terjebak macet.

Membantu kemacetan agar tak bertambah parah, warga sekitar pun terus berinisiatif memotong ranting pohon yang menutup jalan. Namun, tak adanya alat yang memadai membuat mereka pun kewalahan tak mampu memotong batang yang berukuran raksasa dan keras ini.

“Tidak ada alat dan petugas, biasanya kalau begini BPBD bawa mesin cainsow pemotong kayu, ya kita potong semampunya,” ujar rois, warga sekitar.

Satu jam berselang, warga berhasil menyingkirkan ranting dan batang pohon secara perlahan. Beruntung seorang warga akirnya mendapat pinjaman mesin potong kayu untuk mempercepat proses evakuasi pohon tumbang ini.

Baca Juga  Parade Kesenian Budaya Bisa Dinikmati Ditengah Pandemi

Namun belum usai memotong seluruh batang pohon yang melintang di jalan, lagi-lagi mereka kewalahan karena kehabisan bahan bakar dan ada masalah dimesin pemotong. Dua petugas polisi lalu lintas yang ada di lokasi pun tidak bisa berbuat banyak, untuk membantu warga karena focus mengatur sistem buka tutup jalan melewati bahu jalan.

“Sengaja kita biarkan, biasnaya ini tugasnya BPBD, tapi tidak kunjung datang,” ujar Mery warga penyumbang mesin potong.

Tumbangnya pohon asam peninggalan Daendles ini karena akar pohon sudah lapuk dan secara bersamaan angin kencang melanda. Warga mengaku tak bisa berbuat banyak membantu mengevakuasi pohon di jalan ini karena pernah memiliki pengalaman buruk tidak diganti biaya bahan bakar oleh petugas saat membantu mengevakuasi pohon tumbang beberapa bulan silam.

Satlantas polres situbondo sebelumnya telah melakukan identifikasi terhadap beragam pohon asam jawa sepanjang jalur pantura yang dinilai membahayakan pengguna jalan. Namun, pendataan yang dilakukan ternyata tidak faktual sehingga masih terdapat asam jawa yang akarnya lapuk namun tidak dilakukan pemangkasan. Sementara sejumlah pohon yang masih produktif dan laku untuk perusahaan arang telah habis dikepras hingga meninggalkan setengah batang. (nal/am)

News Feed