oleh

Antisipasi Banjir, Kodim dan Warga Bersihkan Saluran Irigasi

Lamongan, (afederasi.com) – Ratusan anggota TNI jajaran Kodim 0812 Lamongan bahu-membahu bekerja bakti membersihkan saluran irigasi di pintu air aliran sungai masuk Desa Bedahan, Kecamatan Babat.

Kegiatan yang dikemas dalam program Karyabakti Satkowil semester II dengan tema Karyabakti TNI Nyata Pengabdian Untuk Rakyat ini untuk mengantisipasi musim penghujan salah satunya bencana banjir.

Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono mengatakan, pihaknya meminta masyarakat dan anggotanya untuk memaksimalkan pembersihan saluran pintu air dan selokan. Tujuannya agar sungai tidak tersumbat sampah yang berpotensi mengakibatkan banjir.

“Bencana alam tidak bisa diduga. Karena itu, giatkan karya bakti dan antisipasi mulai dari hal-hal yang kecil. Seperti membersihkan lingkungan sendiri sampai membersihkan sungai,” katanya saat menggelar karya bakti.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menurunkan sekitar 100 personel TNI yang dibantu para relawan, polisi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Perlindungan Masyarakat (Linmas), perguruan silat dan, warga masyarakat Babat.

Menurut Dandim, dirinya sengaja menerjunkan anggotanya untuk memotivasi masyarakat agar mau bersama-sama untuk melaksanakan karya bakti membersihkan sampah ketika memasuki musim hujan.

Baca Juga  Chekpoin Trenggalek Bakal Dievaluasi

“Sekaligus saya menghimbau kepada masyarakat luas agar waspada akan bencana dan melakukan tindakan-tindakan antisipatif, terutama dari bahaya banjir,” tuturnya.

Sidik menambahkan, kegiatan ini rencananya bakal digelar hingga Kamis (29/10/2020) mendatang.

Sementara itu Kepala Desa Bedahan Yuli menyampaikan, kerja bakti ini untuk mengantisipasi banjir yang selama ini setiap musim penghujan ini selalu membanjir apalagi di Kecamatan babat yang setiap musim penghujan menjadi langganan banjir dikarnakan meluapnya air bengawan solo.

“Terima kasih bapak TNI untuk mau mengajak dan memotivasi masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti,” ucapnya. (ra/yp).

News Feed