oleh

Angka Kasus Covid-19 di Kota Marmer Kembali Merangkak Naik

Tulungagung, (afederasi.com) – Angka kasus coronavirus disease (Covid-19) di Kabupaten Tulungagung kembali merangkak naik. Hal ini setelah adanya penambahan lima pasien baru yang terkofirmasi positif Covid-19. Bahkan dari kelima kasus baru, satu diantaranya berasal dari kalangan mahasiswa.

Dengan bertambahnya lima pasien baru pada Selasa (8/9/2020), maka jumlah kumulatif kasus Covid-19 mencapai 312 kasus. Dari jumlah itu 284 dilaporkan telah sembuh, meninggal 3 orang, sedangkan 7 orang menjalani perawatan dan 18 orang menjalani isolasi.

Wakil Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro mengatakan untuk kelima kasus baru ini berasal dari Kecamatan Sumbergempol sebanyak dua orang, dan Kecamatan Kedungwaru, Gondang, dan Pakel masing-masing satu orang.

“Hari ini kami mendapatkan laporan adanya penambahan 5 kasus baru yang berasal dari 4 Kecamatan berbeda. Sehingga total kasus mencapai 312 kasus konfirmasi Covid-19,” ungkap Galih, Selasa (8/9/2020).

Galih memaparkan dari kelima kasus baru tersebut satu diantaranya berstatus mahasiswa. Yakni pasien berinisial ADF yang berasal dari Kecamatan Sumbergempol. Diaman sebelumnya pasien yang berusia 22 tahun ini terjaring dalam pemeriksaan swab, karena sedang mencari surat keterangan sebagai syarat untuk melakukan perjalanan keluar kota.

Baca Juga  Pasien Positif Covid-19 Banyuwangi Bertambah 16 kasus, kini Total 114 Kasus

“Namun hasil pemeriksaan PCR menunjukkan positif Covid-19. Sehingga petugas masih melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) guna mengetahui zero point penularan Covid-19 dan mencari kontak erat pasien ADF,” jelasnya.

Selain ADF, terdapat pasien bernama HN yang juga terkonfirmasi Covid-19. Sama seperti ADF, HN terjaring pemeriksaan swab ketika sedang mencari surat keterangan. Dari hasil pemeriksaan rapid diagnostic test (RDT), HN menunjukkan reaktif SARS-Cov-2.

“Dari hasil RDT itu, petugas melanjutkan dengan pemeriksaan swab dan diketahui hasilnya positif Covid-19,” katanya.

Sementara tiga kasus lain yang juga terkonfirmasi Covid-19, merupakan pasien yang akan menjalani perawatan medis di RSUD dr Iskak. Sebelum melakukan tindakan operasi, petugas  melakukan pemeriksaan swab dan diketahui hasilnya positif SARS-Cov-2.

“Penambahan 5 pasien ini berasal dari kasus suspek dan pelaku perjalanan. Ini menjadi tanda bagi kita semua untuk tetap waspada dengan penularan Covid-19,” paparnya.

Galih mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan. Sebab kasus penularan Covid-19 masih terus terjadi. (dn)

News Feed