oleh

2.777 Personil Gabungan Disiagakan Amankan Pengesahan Warga Baru PSHT

Tulungagung, (afederasi.com) – Sebanyak 2.777 personil gabungan bakal disiagakan untuk mengamankan kegiatan pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) pada Jum’at (11/9/2020).

Ribuan personil tersebut diambilkan dari Polres Tulungagung, Polres Blitar, Polres Kediri, Polres Trenggalek, Brimob Polda Jawa Timur, Kodim 0807 Tulungagung, Satpol PP hingga Dinas Perhubungan.

“Mereka akan disiagakan ditujuh titik pengesahan, serta di lokasi perbatasan sekitar Tulungagung,” kata Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia, Senin (7/9/2020).

Pandia mengatakan, penjagaan perbatasan dilakukan untuk mengantisipasi adanya penggembira dari luar kota yang berniat masuk ke wilayah Tulungagung. Meskipun sejak awal, sudah ada himbauan larangan penggembira untuk datang ke event ini.

“Mohon kerja samanya, untuk penggembira agar tidak usah hadir apalagi yang berasal dari luar kota,” terangnya.

Pandia mengungkapkan, pihaknya tidak segan-segan akan memberikan tindakan tegas kepada siapa saja yang membuat kekacauan pada kegiatan tersebut. Bahkan pihaknya juga sudah menyiagakan tim cyber patrol yang akan memantau media sosial jika ada yang menyebarkan berita bohong dengan tujuan tertentu.

Baca Juga  DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tulungagung Tahun 2019

“Tim Cyber Patrol juga kita siagakan untuk memastikan jika ada pihak-pihak yang berniat membuat berita hoaks,” jelasnya.

Pandia memaparkan, teknis pengamanan dan pengawalan saat malam pengesahan yakni dengan melarang peserta untuk menggunakan sepeda motor menuju titik kumpul. Namun dari titik kumpul mereka akan dikawal menuju ke lokasi pengesahan hingga proses pengesahan selesai. Selanjutnya, rombongan akan kembali dikawal ke titik kumpul dan dijemput oleh keluarganya untuk langsung pulang kerumah.

“Kita juga sampaikan agar tidak usah menggunakan atribut saat berangkat dan pulang. Atribut dipakai saja saat di lokasi” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Pandia berharap kepada panitia agar mematuhi kesepakatan yang sudah disepakati. Harapannya, sebelum dan sesudah pengesahan tidak mengganggu kondusifitas di Tulungagung.

Sementara itu Ketua PSHT Tulungagung, Sucipto mengspresiasi langkah yang diambil oleh Tiga Pilar untuk memastikan kemanan di Tulungagung selama proses pengesahan.

“Kami juga berharap agar pengesahan kali ini berjalan aman,” pungkasnya. (yp)

News Feed